Kandungan Kimia Teh Untuk Kesehatan

 khasiat untuk kesehatan dari Teh adalah sinergi dari tiga unsur kandungan teh yang utama: kafein, L-thianine dan epigallocathechin gallate (EGCG).

Kandungan teh pertama yaitu Kafein

Kafein merupakan stimulan, zat ini akan membantu anda dalam menurunkan berat badan.

Apakah teh mengandung kafein? Ya, tetapi kandungan kafeinnya jauh lebih sedikit daripada dalam segelas kopi. Teh juga mengandung L-thianine, asam amino yang melawan efek kafein yang merugikan.

Kafein sebagai stimulan sering dihubungkan sebagai pemacu semangat, gairah dan motivator kerja bahkan sebagai pemacu gairah seks.

Kandungan teh hanya memiliki kadar kafein 2-3% dari berat kering, pada beberapa kasus justru menunjukkan manfaat lebih optimal pada kesehatan.

Kandungan teh kedua yaitu L-thianine

  • L-thianine juga mempengaruhi neurotransmiter dalam otak yang mempengaruhi kadar dopamine dan serotonin anda untuk mengirimkan sinyal keadaan kenyang dalam otak. Oleh karena itu, teh tidak hanya membantu anda menurunkan berat badan, tetapi juga membantu anda mengurangi nafsu makan dan juga tetap menjalankan diet.
  • L-Theanine dalam kandungan teh berguna menstimulasi gelombang otak alpha yang menciptakan keadaan relaksasi yang mendalam, meningkatkan konsentrasi, perasaan tenang dan kewaspadaan mental.
  • L-Theanine merangsang pembentukan sel-sel untuk mengaktifkan daya tahan tubuh dan mengurangi resiko infeksi.

 Peran gelombang ini berhubungan dengan pikiran. Setiap hari, idealnya tubuh membutuhkan 50 ml L-Theanine yang bisa diperoleh dari sekitar 400 ml seduhan teh.

Kandungan teh ketiga yaitu Katekin (epigallocathechin gallate (EGCG))

  • EGCG, yang merupakan antioksidan hebat merangsang metablisme tubuh anda; saat anda duduk minum teh, sesungguhnya anda sedang membakar lemak.
  • EGCG juga menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan menghalangi akumulasi berbagai asam lemak dalam sel-sel lemak, dengan demikian membuatnya sebagai agen anti obesitas yang penting.
  • Katekin dalam menekan laju perkembangan zat karsinogenesis dan angiogenesis (pembentukan pembuluh darah baru) yang biasanya banyak terjadi pada kasus kanker. konsumsi teh hijau terkait dengan perlindungan secara preventif terhadap penyakit kanker
  • Katekin mempunyai sifat anti radang, anti agregasi (pengelompokkan), menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), melebarkan pembuluh darah melalui pembentukan Nitrit Oksida.
  • katekin dalam kandungan teh dapat mencegah bakteri yang akan menyerang gigi palsu dan mengganggu kinerja enzim yang digunakan bakteri untuk mencerna gula. Dari 5 jenis katekin yang diujikan, EGCG merupakan katekin yang paling kuat melawan penyebab gigi berlubang.
  • senyawa katekin dan turunan dari katekin memiliki kemampuan sebagai senyawa antioksidan dan antibakteri (Inoue, 1996).
  • Para ilmuan dari Jepang sudah membuktikan bahwa kemampuan antioksidan dari kandungn teh jauh lebih besar dari vitamin C dan E, karena adanya polifenol terutama epigalokatekin galat yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet yang merusak kesehatan kulit.
  • EGCG berperan melindungi pada jaringan syaraf otak yang dapat mengakibatkan kemunduran fungsi berpikir.

Kandungan teh hijau kuat di katekin namun tidak memiliki theaflavin. Sedang kandungan teh hitam kuat di theaflavin namun katekinnya lebih rendah bila dibandingkan dengan teh hijau. Untuk itu mengkonsumsi baik teh hitam dan hijau sekaligus jelas akan lebih baik, karena keduanya saling melengkapi.

Pria yang mengkonsumsi diatas 4 cangkir teh hitam per hari memiliki resiko serangan stroke lebih rendah daripada hanya minum 2 atau 3 cangkir per hari.

Theaflavin

Penelitian Prosenjit dan Sukta (2003), mengatakan bahwa theaflavin memiliki kemampan menangkap radikal superoksida lebih baik daripada EGCG (EpiGalloCathechinGallate) yang sudah populer sebagai sumber antioksidan.

Theaflavin mampu menekan terjadinya proses LDL (Low Density Lipoprotein), dan efektif dalam menekan serangan Parkinson. Penelitian lain menunjukkan satu gram teh hitam mampu menekan kadar gula darah.

 

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 informasiteh.com
informasiteh.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap